PROPOSAL KONFERENSI XIX IPNU NGANJUK

DAFTAR ISI

 

 

RINGKASAN PROPOSAL_______________________________________      2

  1. A.           LATAR BELAKANG_______________________________________      3
  2. B.            DASAR PELAKSANAAN___________________________________      4
  3. C.           TEMA KONFERCAB______________________________________       4
  4. D.           TUJUAN_________________________________________________        4
  5. E.            WAKTU DAN TEMPAT____________________________________      4         
  6. F.            SASARAN________________________________________________       4
  7. G.           RANGKAIAN AKTIVITAS _________________________________      4
  8. H.           NARASUMBER___________________________________________       5
  9. I.              PESERTA KONFERCAB___________________________________       5
  10. J.             ANGGARAN KONFERCAB________________________________        6
  11. K.           SUMBER DANA__________________________________________        6
  12. L.            SUSUNAN PANITIA______________________________________         6
  13. M.          JADWAL KEGIATAN_____________________________________        6
  14. N.           ALAMAT SEKRETARIAT  ________________________________        6

 


 

 

 

RINGKASAN PROPOSAL

 

 

Nama kegiatan Konferensi Cabang XIX IPNU Kabupaten Nganjuk
Tema  
Tujuan Melahirkan talenta kepemimpinan IPNU dengan visi, misi dan aksi nyata untuk menjawab relitas dan tantangan munculnya regenerasi kepemimpinan masa depan bangsa dan negara.
Kepesertaan Konfercab XIX IPNU Kabupaten Nganjuk Di Ikuti Oleh PAC (Pengurus Anak Cabang), PR (Pengurus Ranting) Dan PK (Pengurus Komisariat) IPNU Se-Kabupaten Nganjuk
Waktu Sabtu, 10 Nopember 2012
Tempat SMK BAITUL ATI-EQ, Cepoko, Kecamatan Berbek
Anggaran Dana  
Penyelenggara PC. IPNU Kabupaten Nganjuk
Alamat Sekretariat Kantor PC NU Kabupaten Nganjuk ,  Jl. Supriyadi No. 24 Nganjuk
Contact Person
  1. Moh. Fauzi         0857  4916  3187
  2. Juwaini               0857  4956  5747
  3. M. Zakariya        0852  3584  4571


 

PROPOSAL

KONFERENSI CABANG XIX

IPNU KABUPATEN NGANJUK

  1. A.      LATAR BELAKANG

       Ikatan Pelajar  Nahdlatul Ulama merupakan organisasi kader Nahdlatul Ulama di ranah pelajar dan pendidikan serta organisasi kepemudaan yang mempunyai misi  untuk membangun visi anak muda bangsa, khususnya para pelajar dalam mengembangkan diri dan mengekspresikan semangat untuk selalu berkarya memajukan bangsa dan negara di bawah naungan organisasi islam terbesar di Indonesia, IPNU melihat banyak hambatan, tantangan dan ancaman bagi generasi muda dalam mengembangkan dirinya dalam dunia liberalisasi ekonomi dan politikyang tidak menentu seperti saat sekarang ini.

Melihat kondisi generasi muda sekarang yang dalam kondisi cukup memprihatinkan, banyak terjerumus dalam dunia kriminal, narkoba, terlibat kasus porno aksi dan tindakan lainnya yang menjurus kepada perusakan moral dan ideologi yang tidak jelas. Dan bahkan tidak sedikit generasi muda yang menjadi korban tindakan kekerasan dalam berbagai bentuk. Tentunya hal ini perlu ada evaluasi berasama untuk menemukan formula dan solusi yang tepat dalam menyelesaikan berbagai persoalan tersebut.

Dalam turut serta berpartisipasi aktif menjaga keberlanjutan identitas dan eksistensi peran para pemuda agar tidak terjerumus pada hal – hal yang mengarah pada perilaku negative IPNU  selalu berusaha konsis dalam penguatan mental dan spiritual dengan melakukan berbagai kegiatan pengkaderan. Walaupun dalam perjalanannya IPNU   juga banyak mengalami kendala internal, seperti problematika dalam memproduksi kader IPNU   yang berkualitas dan mampu bermakna dalam melanjutkan estafet perjuangan, akan tetapi IPNU  selalu konsisten dengan “Amar ma’ruf nahi munkar” yang selalu menjadi landasan cita-cita bersama.

Tradisi yang dikembangkan oleh IPNU salah satunya adalah pengkaderan untuk menjaga konsistensi anak muda, khususnya para komunitas pelajar dari kalangan keluarga NU yang selama ini menjadi basis komunitas IPNU. Pengkaderan adalah pilihan strategis yang harus dilakukan agar tidak terjadi kemacetan organisasi pelajar. Tentu saja pilihan strategis adalah dasar utama pilihan tindakan untuk tetap menjaga kiprah IPNU agar tetap eksis dalam menjaga identitas politik anak muda dalam keberlanjutannya.

Salah satu media penting pengkaderan adalah Konferensi Cabang  IPNU Kabupaten Nganjuk. Tujuan dari konferensi adalah mendorong lahirnya calon-calon pemimpin generasi muda IPNU yang mampu menjadi pengawal dan penjaga organisasi IPNU, khususnya di wilayah Kabupaten Nganjuk. Lahirnya calon-calon pemimpin dalam Konferensi cabang IPNU Kabupaten Nganjuk adalah sebuah proses regenerasi kader muda bangsa di tingkatan Kabupaten Nganjuk sebagai estafet pengurus sebelumnya. Tentu saja calon-calon penerus yang dihasilkan mempunyai keharusan visi kuat dan rencana strategis akurat dalam mengembangkan demokratisasi di kalangan anak muda Indonesia. Serta melalui Konferensi Cabang XIX IPNU Kabupaten Nganjuk mampu melakukan evaluasi perjalanan pengurus IPNU, merumuskan berbagai tantangan social dan reksturisasi kelembagaan sehingga IPNU kabupaten Nganjuk dapat melahirkan kader yang militant dan dapat di andalkan.

Kami percaya bahwa kekuatan lahirnya calon-calon pemimpin melalui Konferensi Cabang IPNU Kabupaten Nganjuk akan memberikan dampak berupa kemajuan kuantitas dan kualitas organisasi yang telah lama berkembang. Konferensi cabang XIX IPNU Kabupaten Nganjuk juga mempunyai tujuan untuk melahirkan talenta kepemimpinan dengan visi dan aksi nyata untuk menjawab relitas dan tantangan munculnya regenerasi kepemimpinan masa depan bangsa dan negara.

  1. B.      DASAR PELAKSANAAN

 

Konferensi Cabang (KONFERCAB) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Nganjuk ke  XIX di laksanakan berdasarkan :

  1. Peraturan Dasar IPNU;
  2. Peraturan Rumah Tangga IPNU;
  3. Keputusan Rakercab IPNU;
  4. Keputusan rapat pleno PC IPNU Kabupaten Nganjuk.
  5. C.       TEMA KONFERCAB

“Memberdayakan potensi, menuju Generasi yang solid, bertanggung jawab Serta berakhlakuk karimah”.

  1. D.       TUJUAN
  • TUJUAN UMUM

Melahirkan talenta kepemimpinan IPNU dengan visi, misi dan aksi nyata untuk menjawab relitas dan tantangan munculnya regenerasi kepemimpinan masa depan bangsa dan negara.

  • TUJUAN KHUSUS
  1. Laporan pertanggungjawaban PC IPNU   Kabupaten Nganjuk 2010–2012;
  2. Mengevaluasi, Menilai, menolak atau menerima pertanggung jawaban PC IPNU Kabupaten Nganjuk Periode 2010-2012;
  3. Menetapkan program umum organisasi   tingkat  Kabupaten Nganjuk;
  4. Memilih dan Menetapkan Ketua PC IPNU Kabupaten Nganjuk 2012-2014 ;
  5. Memilih dan menetapkan tim formatur PC IPNU   Kabupaten Nganjuk 2012-2014;
  6. Menetapkan keputusan-keputusan lainnya sebagai kebijakan organisasi.
  7. E.      WAKTU DAN TEMPAT 

Kegiatan konferensi Cabang XIX IPNU Kabupaten Nganjuk akan dilaksanakan Pada

Hari           : Sabtu

Tanggal     : 10 Nopember 2012

Tempat      : SMK BAITUL ATI-EQ, Cepoko, Kecamatan Berbek

  1. F.       SASARAN  
    1. Terevaluasinya kepengurusan PC IPNU  Kabupaten Nganjuk Periode 2010-2012;
    2. Terumuskanya berbagai pembacaan dan analisis sosial terhadap situasi global, terutama perkembangan iklim demokrasi dan politik, sosial budaya, dan pendidikan untuk kepemimpinan masa depan;
    3. Terpilihnya kader-kader IPNU  mampu berkarya, berkualitas dan bermakna dalam kepemimpinan PC IPNU Kabupaten Nganjuk 2012-2014;
    4. Tertatanya mekanisme konsolidasi dan supporting system di PC IPNU   Kabupaten Nganjuk periode 2012-2014;
    5. Di tetapkanya Rencana Strategis dan Program Umum organisasi PC IPNU periode 2012-2014.

 

  1. G.       RANGKAIAN AKTIVITAS

Untuk mensukseskan tujuan acara dan pelaksanaan strategi dan metodologi maka dibutuhkan serangkaian aktivitas pendukung. Rangkaian aktivitas adalah :

  1. 1.      Persiapan Konfercab

Kegiatan ini bertujuan untuk memilih dan menetapkan daerah kecamatan sebagai tempat penyelenggaraan konfercab XIX PC IPNU 2012.

  1. 2.      Audiensi dengan PC NU

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan saran, restu dan beberapa rekomendasi dari PC NU Kabupaten Nganjuk sebagai dukungan kelancaran pelaksanaan konfercab XIX IPNU Kabupaten Nganjuk periode 2012-2013.

  1. 3.      Konfercab

Tujuan kegiatan adalah Melahirkan talenta kepemimpinan IPNU dengan visi dan aksi nyata untuk menjawab relitas dan tantangan munculnya regenerasi kepemimpinan masa depan bangsa dan negara. Berikut adalah rangkaian acara konfercab;

  1. a.      Pembukaan oleh KH. Hamam Gozali Selaku Tanfidzyah PC NU Kabupaten Nganjuk Kegiatan pembukaan ditujukan sebagai bentuk seremonial dibukanya acara KONFERCAB XIX IPNU Kabupaten Nganjuk Secara Resmi.
  2. b.      Seminar Pelajar dengan tema “Memberdayakan potensi, menuju kepengurusan yang solid, bertanggung jawab dan berakhlakuk karimah”.
  3. c.       Sidang pleno tata tertib

Kegiatan ini bertujuan menghasilkan tata tertib sidang, baik sidang pleno maupun sidang komisi

  1. d.      Laporan Pertanggung jawaban Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Nganjuk periode 2010-2012

Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi,  menerima/menolak  laporan pertanggung jawaban kepengurusan PC IPNU Kabupaten Nganjuk periode 2010-2012.

  1. e.       Sidang Komisi

Tujuan sidang komisi adalah menghasilkan rencana strategis Program dan Garis Besar Haluan Program Komisi Organisasi, Komisi Program dan Komisi Rekomendasi untuk kepengurusan PC IPNU Kabupaten Nganjuk 2012– 2014.

  1. f.       Sidang Pleno Komisi

Tujuan kegiatan sidang pleno komisi adalah pengukuhan dokumen rencana strategis dan garis besar haluan program untuk kepengurusan PC IPNU Kabupaten Nganjuk periode 2012 – 2014

  1. g.      Sidang Pleno pemilihan ketua

Tujuan kegiatan adalah terpilihnya ketua PC IPNU Kabupaten Nganjuk kepengurusan 2012-2014.

  1. h.      Penutupan

Kegiatan ini sebagai penutupan sekaligus dikukuhkannya kepengurusan baru IPNU PC Kabupaten Nganjuk periode 2012-2014.

  1. H.      NARASUMBER

Kebutuhan narasumber berfungsi sebagai penambahan kualitas materi selama konfercab Yaitu Pada seminar pelajar yang diadakan setelah pembukaan Konferensi. Narasumber yang direncanakan sebagai pemateri adalah :

  1. KH. Hamam Gozali (Ketua PC NU Kabupaten Nganjuk);
  2. Basori, S.Ag (DPRD Kabupaten Nganjuk)
  3. M. Yasin (Kabit  SMP, SMA, SMK DIKPORA Nganjuk)
  4. I.          PESERTA KONFERCAB
    1. Peserta Konfercab PC IPNU Kabupaten Nganjuk  meliputi:
    2. Pengurus  Cabang IPNU Nganjuk (50 orang);
    3. Utusan  20 Pimpinan Anak Cabang   se Kabupaten Nganjuk, @ 1 orang.
    4. Utusan Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat se Kabupaten Nganjuk
    5. Undangan Khusus
    6. J.        ANGGARAN KONFERCAB

Anggaran belanja konfercab PC IPNU Nganjuk sebanyak Rp.  18.865.000 (Delapan belas juta delapan ratus enam puluh lima ribu rupiah)

Lampiran keterangan kelengkapan rincian kebutuhan anggaran ada di lampiran.

  1. K.      SUMBER DANA
    1. Kas Organisasi IPNU;
    2. Bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk;
    3. Donatur dan simpatisan yang tidak mengikat.

 

  1. L.      SUSUNAN PANITIA

Susunan panitia Konferensi Cabang XIX IPNU Kabupaten Nganjuk Sebagaimana Terlampir

 

  1. M.    JADWAL KEGIATAN

Adapun Jadwal Kegiatan sebagaimana terlampir

  1. N.      ALAMAT SEKRETARIAT  

Alamat sekretariat panitia :  Kantor PC NU Kabupaten Nganjuk

Jl. Supriyadi No. 24 Nganjuk  (0358) 324441

  1. O.      PENUTUP

Demikian proposal ini di susun, semoga dapat di jadikan acuan konsepsional dan oprasional pelaksanaan. Kami sebagai pengurus IPNU – IPPNU  juga berterima kasih atas komitmen mitra pendukung terhadap kegiatan konfercab ini. Semoga dapat berjalan sukses serta bermanfaat bagi seluruh umat. Selamat belajar, berjuang dan bertaqwa

 

Nganjuk , 21 Dzulhijah 1433 H

5 Nopember 2012 M

 

Panitia  Konfercab XIX

IPNU Kabupaten Nganjuk

 

 

 

M O H.  F A U Z I

Ketua

J U W A I N I

Sekretaris

Mengetahui,

Pimpinan  Cabang  IPNU

Kabupaten Nganjuk

 

 

 

 

 

MUKHAMAD ZAKARIYA

Ketua

KHOIRUL ANAM

Sekretaris

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s