Berebut Gunungan Grebeg Maulid, Belasan Warga Terluka

ImageYogyakarta – Belasan warga terluka saat berdesak-desakan di antara ribuan massa yang memperebutkan Gunungan Grebeg Maulud di halaman Masjid Raya Kauman Yogyakarta. Acara grebeg ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw yang jatuh hari ini.

Pantauan detikcom, Kamis (24/1/2013), ada tujuh Gunungan Grebeg yang disiapkan Keraton Yogyakarta. 3 Gunungan Grebeg di antaranya di antarkan ke luar Keraton; 1 dibawa prajurit Keraton ke Masjid Kauman, 1 dibawa ke kompleks Kadipaten Puro Paku Alaman dengan diiringi prajurit dan 2 ekor gajah, dan 1 lagi juga diiringi gajah dibawa ke kompleks Kepatian. Sementara 4 Gunungan Grebeg lainnya tetap di Keraton.

Sejak pagi ribuan warga dari Yogyakarta dan sekitarnya sudah menyemut di halaman Masjid Raya Kauman. Massa dalam jumlah tidak terlalu banyak juga menyemut di halaman Kompleks Kadipaten Puro Paku Alaman dan Kompleks Kepatihan.

Gunungan Grebeg untuk di Masjid Kauman dikeluarkan dari Keraton sekitar pukul 10.00 WIB. Begitu sampai di halaman Masjid Kauman yang juga masih kompleks Keraton sekitar pukul 10.45 WIB, ribuan massa berdesakan berebut meraih gunungan setinggi 1 meter yang terdiri dari sayuran, buah dan bahan makanan pokok tersebut. Melihat Gunungan sudah diperebutkan oleh warga di dalam gerbang, ribuan warga di luar gerbang mencoba marangsek masuk hingga akhirnya terjadi dorong-dorongan dengan petugas keamanan dari Satpol PP.

Ratusan petugas keamanan Satpol PP tidak mampu menahan dorongan ribuan warga. Korban luka pun tidak terhindarkan. Belasan warga terluka karena saling bertabrakan dan ada juga yang terinjak-injak. Beberapa korban mengalami luka sobek di kepala, ada juga yang pingsan, dan kaki terkilir. Relawan kesehatan dari Puskesmas segera mengevakuasi korban begitu peristiwa terjadi. Namun kericuhan ini tidak menghentikan aksi berebut Gunungan.

Hingga rebutan Gunungan selesai, ribuan warga masih menyemut di halaman depan Masjid Kauman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s