gedung tertinggi di Indonesia akan saingi Menara Petronas

Ini gedung tertinggi di Indonesia akan saingi Menara Petronas

Ini gedung tertinggi di Indonesia akan saingi Menara Petronas

Indonesia sebentar lagi akan memiliki gedung tertinggi. Gedung yang akan dibangun oleh Pertamina ini tingginya akan menyaingi Menara Petronas, Malaysia.

Gedung ini diberi nama Pertamina Energy Tower. “Tujuannya satu, karena ingin membangun Iconic Building, kalau energi tower yang sudah diresmikan Desember yang lalu. Nah, September ini mau ada ground breaking,” kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan di Balai Kota Jakarta, Kamis (22/8) kemarin.

Gedung Pertamina ini akan dibangun di atas lahan 9 hektare di kawasan Kuningan Jakarta. Gedung akan memiliki 99 lantai dan tingginya 400 meter.

“Kalau dibangun bisa paling tinggi se-Indonesia,” ujar Karen.

Menurut Karen, gedung tertinggi di Indonesia itu akan dijadikan pusat perkantoran oleh Pertamina. “Jadi pusat maupun anak-anak perusahaan nanti akan ada di sana,” imbuh Karen.

Pembangunan tower ini diperkirakan menghabiskan dana USD 850 juta atau sekitar Rp 8 triliun. Jika dikerjakan pada tahun ini, diperkirakan gedung akan selesai pada 2014 mendatang.

Jika membandingkan dengan Menara Petronas Malaysia, tentu gedung bikinan Pertamina ini masih kalah tinggi. Petronas mempunyai ketinggian 452 meter atau 1483 kaki dihitung sampai paling atas. Sementara gedung milik Pertamina ini hanya 400 meter.

Namun, Menara Petronas yang selesai dibangun pada 1998 itu hanya memiliki 88 lantai. Sedangkan Pertamina Energy Tower akan memiliki 99 lantai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s